Pages

Sabtu, 15 November 2014

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Proses segmentasi mempunyai beberapa langkah sebagai berikut :
1.    Identifikasi basis segmentasi pasar
2.    Mengumpulkan informasi pasar
3.    Mengembangkan komposisi profil segmen
4.    Penetapan konsekuensi pemasaran
5.    Estimasi masing-masing potensi segmen pasar
6.    Analisis peluang pasar
7.    Penetapan penguasaan pasar
Adapun hal-hal yang menjadi dasar dari penetapan sebuah segmentasi pasar yaitu sebagai berikut :
1.    Dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
a.    Variabel geografi
Variabel tersebut antara lain yaitu wilayah, ukuran daerah, ukuran kota dan kepadatan iklim.
b.    Variabel demografi
Variabel tersebut antara lain yaitu umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan.
c.    Variabel psikologis
Variabel tersebut antara lain yaitu kelas sosial, gaya hidup, kepribadian.
2.    Dasar segmentasi pasar pada pasar industri
a.    Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro seperti pasar pemakai akhir, lokasi geografis dan banyaknya langganan.
b.    Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri-ciri kepribadian, kualitas produk dan pelanggan.
Terdapat beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu sebagai berikut :
1.    Dapat diukur
2.    Dapat dicapai
3.    Cukup besar atau cukup menguntungkan
4.    Dapat dibedakan
5.    Dapat dilaksanakan
Pembelian memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda. Adapun tingkatan tersebut yaitu sebagai berikut :
1.    Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama ke seluruh konsumen.
2.    Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembelian berbeda dalam kebutuhan, persepsi dan perilaku pembelian.
3.    Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah grup yang didefinisikan dengan lebih sempit.
4.    Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Selanjutnya manfaat dari segmentasi pasar yaitu sebagai berikut :
1.    Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
2.    Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
3.    Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya


Sumber referensi :

0 komentar:

Posting Komentar