Pages

Minggu, 19 Oktober 2014

TUGAS V-CLASS PKTI 1C

Dalam penulisan kali ini, saya akan memposting tugas terdahulu, yaitu v-class Pengantar Komunikasi Teknologi Informasi 1C, dengan tujuan menambah ilmu bagi para pembaca :-) Semoga bermanfaat..

16 Oktober - 22 Oktober 2012 
PERTEMUAN V-CLASS PERTAMA (PERODE MINGGU 4)

Nama                                          :    
1. Andy Wijaya             (10212867)
2. Aswin                      (11212231)
3. Elva Nuril Solihani     (12212472)
4. Nur Fitriani              (15212457)
5. Ratna Pertiwi           (16212047)

Kelas : 1EA09
 


1.  Bagaimana teknologi informasi mendukung proses bisnis perusahaan dan pengambilan keputusan serta memberikan keunggulan dalam bersaing? Berikan contoh untuk mengilustrasikan jawaban saudara!
Jawab : Prasarana dan sarana teknologi informasi yang menyangkut jaringan, komputer, perangkat keras dan lunak lainnya, diharapkan bisa mempercepat proses perhitungan, pengiriman dalam berbagai media informasi. Dalam waktu yang singkat dan proses penyimpanan yang efektif, sehingga dapat mendukung proses bisnis perusahaan.
Informasi yang mendukung kebijakan yang akan diambil yang dihasilkan oleh Teknologi Informasi yang relevan, akurat, terkini dan dapat diambil setiap saat. Sangat mempengaruhi setiap pengambilan keputusan. Dengan penerapan teknologi informasi secara tepat dan akurat suatu perusahaan dapat memiliki keunggulan bersaing dalam industrinya.
Contoh pasar modal yang didominasi oleh saham perusahaan yang berbasis teknologi ramai diburu dan dimonitor oleh pelaku bisnis dibandingkan dengan pasar modal yang tidak berbasis teknologi.

2.  Bagaimana penggunaan Internet, Ekstranet dan Intranet oleh perusahaan saat ini dapat mendukung proses dan aktivitas bisnis mereka?
Jawab :
-    Internet : rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.
-    Ekstranet : jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
-    Intranet : sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.
Perusahaan yang memiliki internet, ekstranet dan intranet dapat berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain. Sehingga dapat membantu proses bisnis suatu perusahaan.

3.  Mengapa perusahaan-perusahaan besar masih gagal dalam menggunakan teknologi informasi?
Jawab : Karena adanya fakta empirik menunjukkan instansi pemerintah sedikit sekali melakukan penyelarasan antara Teknologi Informasi dan “strategi bisnis” instansi yang bersangkutan. Juga hal ini dapat disebabkan dengan kualitas SDM yang masih rendah dan kurang bertanggung jawab.

4.  Bagaimana seorang manajer mendemonstrasikan bahwa dia adalah pemakai akhir system informasi yang bertanggung jawab? Berikan beberapa contoh!
Jawab : Manajer sebagai pemakai akhir yang bertanggung jawab dapat mengambil sebuah keputusan dan kebijakan dengan memperhitungkan segala aspek yang mendukung proses bisnis perusahaan dengan bantuan teknologi informasi.
Contohnya seorang manajer bisnis tidak akan menetapkan perubahan kebijakan dalam jumlah yang besar tanpa memahami kebijakan yang ada serta implikasi-implikasinya.

0 komentar:

Posting Komentar