SUMBER DAYA KONSUMEN DAN PENGETAHUAN
A.
SUMBER DAYA KONSUMEN
Sumber daya konsumen adalah segala sumber daya yang mempengaruhi
konsumen untuk membeli barang atau jasa. Sumber daya konsumen ada 3 macam,
yaitu :
1.
SUMBER
DAYA EKONOMI
Sumber daya
ekonomi adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki baik yang tergolong
sumber daya alam maupun potensi sumber daya manusia yang dapat memberikan
manfaat. Potensi sumber daya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi
pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya
yang dimiliki baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural
resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat
memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar
pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap sumberdaya secara
struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain. Kategori sumberdaya
alam ini tergolong sumberdaya alam yang bisa habis dalam jangka pendek jika
digunakan dan dicemari secara cepat, namun demikian lambat laun akan dapat
diganti melalui proses alamiah misalnya pohon-pohon di hutan, rumput di padang
rumput, deposit air tanah, udara segar dan lain-lain. Sumberdaya alam ini
keberadaannya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam kerangka untuk
mendorong, mempercepat dan menunjang proses pembangunan wilayah (daerah).
Disamping komponen sumberdaya alam, pada saat ini peranan sumberdaya manusia
(human resources) dalam konteks kegiatan pembangunan ekonomi termasuk
pembangunan ekonomi daerah (wilayah) semakin signifikan.
2.
SUMBER
DAYA SEMENTARA
Sumber daya
sementara adalah sumber daya yang bisa menghemat waktu, keinginan manusia ingin
membeli barang dan jasa yang tujuananya menghemat waktu yang ada. Waktu menjadi
variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena konsumen
mayoritas semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu
bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu
senggang. Sumber daya kognitif Produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu
konsumen disebut barang waktu (time goods).
-
Barang
yang menggunakan waktu seperti menonton tv, tidur, bermain, dll.
-
Barang
penghemat waktu seperti rice cooker, oven microwave, mesin cuci, blender, dll.
3.
SUMBER
DAYA KOGNITIF
Sumber daya kognitif adalah sumber
daya perencanaan dan pengambilan keputusan seorang konsumen terhadap apa yang
ingin di belinya. Kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia
dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada
kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata—skema tentang
bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya dalam tahapan-tahapan
perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan
informasi secara mental.
B.
PENGETAHUAN
Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen
mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan
informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Dalam hal ini
pengetahuan konsumen amat diperlukan. Karena, hal ini dapat mempengaruhi
keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak
yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada
pengetahuan. Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam tiga macam, yaitu Pengetahuan
Produk, Pengetahuan Pembelian, Pengetahuan Pemakaian.
-
Pengetahuan
Produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan
ini meliputi kategori produk, merek terminologi produk atribut atau fitur,
harga produk dan kepercayaan mengenai produk
-
Pengetahuan
Pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko
dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Pengetahuan
Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk
berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Hal ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja atau melakukan pembelian. Hal
ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa menghemat
waktu dalam mencari lokasi produk.
-
Pengetahuan
Pemakaian yaitu suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika
produk tersebut telah digunakan/
dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan
kepuasan yg tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan/ mengkonsumsi produk
tersebut dengan benar. Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang
cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan
pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.
1.
KANDUNGAN
PENGETAHUAN
Kajian Myke
mendefinisikan kandungan pengetahuan sebagai “jumlah keupayaan sumber tenaga
manusia, asset dan pengamalan kepimpinan, modal teknologi dan maklumat,
hubungan kerjasama, harga intelek, stok maklumat serta kebolehan untuk
berkongsi pembelajaran dan penggunaan, yang boleh digunakan untuk menjaga
kekayaan dan meningkatkan daya saing ekonomi.
2.
ORGANISASI
PENGETAHUAN
Pengetahuan
Konsumen akan mempengaruhi Keputusan Pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak
yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada
pengetahuan konsumen mengenai hal-hal tersebut. Pengetahuan Konsumen adalah
semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen.
-
Pengetahuan
tentang karakteristik / atribut produk
-
Pengatahuan
tentang manfaat produk
-
Pengetahuan
tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen
3.
MENGUKUR
PENGETAHUAN
Cara yang
paling nyata dalam mengukur kemampuan pengetahuan adalah menilai secara
langsung isi ingatan. Beberapa indikator pengukur pengetahuan antara lain :
-
Pengetahuan
Objektif (Objective Knowledge) : Pengukuran yang menyadap apa yang benar-benar
sudah disimpan oleh konsumen di dalam ingatan
-
Pengetahuan
Subjektif (Subjective Knowledge) : Dipengaruhi oleh kepercayaan diri seseorang
yaitu bahwa orang yang percaya diri mungkin melaporkan secara berlebihan
tingkat pengetahuan mereka (Engel, Blackwell & Miniard, 1994, p.331-332)
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar