SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS
DEMOGRAFI
Segmentasi
pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli
yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda
yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi
pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis
para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Proses segmentasi mempunyai
beberapa langkah sebagai berikut :
1.
Identifikasi basis
segmentasi pasar
2.
Mengumpulkan informasi
pasar
3.
Mengembangkan komposisi
profil segmen
4.
Penetapan konsekuensi
pemasaran
5.
Estimasi masing-masing
potensi segmen pasar
6.
Analisis peluang pasar
7.
Penetapan penguasaan
pasar
Adapun hal-hal yang menjadi
dasar dari penetapan sebuah segmentasi pasar yaitu sebagai berikut :
1.
Dasar segmentasi pasar
pada pasar konsumen
a.
Variabel geografi
Variabel tersebut antara lain yaitu wilayah, ukuran
daerah, ukuran kota dan kepadatan iklim.
b.
Variabel demografi
Variabel tersebut antara lain yaitu umur, keluarga,
siklus hidup, pendapatan, pendidikan.
c.
Variabel psikologis
Variabel tersebut antara lain yaitu kelas sosial, gaya
hidup, kepribadian.
2.
Dasar segmentasi pasar
pada pasar industri
a.
Tahap 1, yaitu
menetapkan segmentasi makro seperti pasar pemakai akhir, lokasi geografis dan
banyaknya langganan.
b.
Tahap 2, yaitu sikap
terhadap penjual, ciri-ciri kepribadian, kualitas produk dan pelanggan.
Terdapat beberapa syarat segmentasi
yang efektif, yaitu sebagai berikut :
1.
Dapat diukur
2.
Dapat dicapai
3.
Cukup besar atau cukup
menguntungkan
4.
Dapat dibedakan
5.
Dapat dilaksanakan
Pembelian
memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi
pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada
beberapa tingkat yang berbeda. Adapun tingkatan tersebut yaitu sebagai berikut
:
1.
Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal,
distribusi massal dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang
hampir sama ke seluruh konsumen.
2.
Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembelian berbeda dalam
kebutuhan, persepsi dan perilaku pembelian.
3.
Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk berfokus pada sub-group di dalam
segmen-segmen. Suatu ceruk adalah grup yang didefinisikan dengan lebih sempit.
4.
Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar
cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran
mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Selanjutnya manfaat dari
segmentasi pasar yaitu sebagai berikut :
1.
Penjual atau produsen
berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan
pemasaran.
2.
Penjual atau produsen
dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda,
sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai
segmen.
3.
Penjual atau produsen
dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
Sumber referensi :
0 komentar:
Posting Komentar