SUKU OSING adalah Penduduk asli Banyuwangi atau juga disebut sebagai “wong Blambangan” dan merupakan penduduk mayoritas di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.
SEJARAH
Sejarah SUKU OSING diawali pada akhir masa kekuasaan Majapahit sekitar tahun 1478 M. Perang saudara dan pertumbuahan kerajaan-kerajaan Islam terutama Kesultanan Malaka mempercepat jatuhnya Majapahit. Setelah kejatuhannya, orang-orang Majapahit mengungsi ke beberapa tempat, yaitu lereng Gunung Bromo (Suku Tengger), Blambangan (SUKU OSING) dan Bali. Kedekatan sejarah ini terlihat dari corak kehidupan SUKU OSING yang masih menyiratkan budaya Majapahit. Kerajaan Blambangan, yang didirikan oleh masyarakat osing, adalah kerjaan terakhir yang bercorak Hindu. Dalam sejarahnya Kerajaan Mataram Islam tidak pernah menancapkan kekuasaannya atas Kerajaan Blambangan, hal inilah yang menyebabkan kebudayaan masyarakat SUKU OSING mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Suku Jawa. SUKU OSING mempunyai kedekatan yang cukup besar dengan masyarakat Bali, hal ini sangat terlihat dari kesenian tradisional Gandrung yang mempunyai kemiripan, dan mempunyai sejarah-sejarah sendiri. Kemiripan lain tercemin dari arsitektur bangunan antar SUKU OSING dan Suku Bali yang mempunyai banyak persamaan, terutama pada hiasan di bagian atap bangunan. OSING juga merupakan salah satu komunitas etnis yang berada di daerah Banyuwangi dan sekitarnya. Dalam lingkup lebih luas, dalam peta wilayah kebudayaan Jawa, OSING merupakan bagian wilayah Sebrang Wetan, yang berkembang di daerah ujung timur pulau Jawa. Keberadaan komunitas OSING berkaitan erat dengan sejarah Blambangan (Scholte, 1927).
Menurut Leckerkerker (1923: 1301), orang-orang OSING adalah masyarakat Blambangan yang tersisa. Keturunan Kerajaan Hindu Blambangan ini berbeda dari masyarakat lainnya (Jawa, Madura, Bali), bila dilihat dari adat-istiadat, budaya maupun bahasanya (Stoppelaar, 1927). sebagai kelompok budaya yang keberadaannya tidak ingin dicampuri budaya lain. Penilaian masyarakat luar terhadap orang OSING menunjukkan bahwa orang OSING dengan budayanya belum banyak dikenal dan selalu mengaitkan orang OSING dengan pengetahuan ilmu ghaib yang sangat kuat Puputan adalah perang terakhir hingga darah penghabisan sebagai usaha terakhir mempertahankan diri terhadap serangan musuh yang lebih besar dan kuat. Tradisi ini pernah menyulut peperangan besar yang disebut Puputan Bayu pada tahun 1771 M. SEJARAH PERANG BAYU ini jarang di ekspos oleh media sehingga sejarah ini seperti tenggelam.
Dalam perkembangan berikutnya, setelah para petinggi Majapahit berhasil hijrah ke Bali dan membangun kerajaan di sana, Blambangan secara politik dan kultural menjadi bagian dari Bali atau seperti yang diistilahkan oleh beberapa sejarawan, “di bawah perlindungan Bali”. Tetapi, pada tahun 1639, kerajaan Mataram di Jawa Tengah juga ingin menaklukkan Blambangan yang meskipun mendapat bantuan yang tidak sedikit dari Bali menelan banyak korban jiwa, rakyat Blambangan tidak sedikit yang terbunuh dan dibuang (G.D.E. Haal, seperti yang dikutip Anderson, 1982; 75). Blambangan tampak relatif kurang memperlihatkan kekuatannya di masa penjajahan Belanda, ia justru menampilkan kegigihannya melawan dominasi VOC. Perang demi perang terjadi antara rakyat Blambangan melawan kolonial Belanda. Hingga akhirnya memuncak pada perang besar pada tahun 1771-1772 di bawah pimpinan Mas Rempeg atau Pangeran Jagapati yang dikenal dengan perang Puputan Bayu. Perang ini telah berhasil memporak-porandakan rakyat Blambangan dan hanya menyisakan sekitar 8.000 orang (Ali, 1993:20). Meski demikian, tampaknya rakyat Blambangan tetap pantang menyerah. Perang-perang perlawanan, meski lebih kecil, terus terjadi sampai berpuluh tahun kemudian (1810) yang dipimpin oleh pasukan Bayu yang tersisa, yaitu orang-orang yang oleh Belanda dijuluki sebagai ‘orang-orang Bayu yang liar’ (Lekkerker, 1926:401-402; Ali, 1997:9). Setelah dapat menghancurkan benteng Bayu, Belanda memusatkan pemerintahannya di Banyuwangi dan mengangkat Mas Alit sebagai bupati pertama Banyuwangi.
Blambangan memang tidak pernah lepas dari pendudukan dan penjajahan pihak luar, dan pada tahun 1765 tidak kurang dari 60.000 pejuang Blambangan terbunuh atau hilang untuk mempertahankan wilayahnya (Epp, 1849:247). Anderson (1982:75-76) melukiskan bahwa betapa kekejaman Belanda tak bertara sewaktu menguasai Blambangan terutama dalam tahun 1767-1781. Dengan merujuk catatan Bosch yang ditulis dari Bondowoso, Anderson mengatakan: “daerah inilah barangkali satu-satunya di seluruh Jawa yang suatu ketika pernah berpenduduk padat yang telah dibinasakan sama sekali”
Pendudukan dan penaklukan yang bertubi-tubi itu ternyata justru membuat rakyat Blambangan semakin patriotik dan mempunyai semangat resistensi yang sangat kuat. Cortesao seperti yang dikutip oleh Herusantosa (1987:13) dengan merujuk pada Tome Pires menyebut “rakyat Blambangan sebagai rakyat yang mempunyai sifat “warlike” (suka berperang dan selalu siap tempur, selalu ingin dan berusaha membebaskan wilayahnya dari kekuasaan pihak lain)” Scholte (1927:146) menyatakan :
“Sejarah Blambangan sangat menyedihkan. Suku bangsa Blambangan terus berkurang karena terbunuh oleh kekuatan-kekuatan yang berturut-turut melanda daerah tersebut seperti kekuatan Mataram, Bali, Bugis dan Makassar, para perampok Cina, dan akhirnya VOC. Tetapi semangat rakyat Blambangan tidak pernah sama sekali padamdan keturunannya yang ada sekarang merupakan suku bangsa yang gagah fisiknya dan kepribadian serta berkembang dengan pesat, berpegang teguh pada adat-istiadat, tetapi juga mudah menerima peradaban baru”. Rakyat Blambangan seperti yang disebut-sebut dalam berbagai sumber di atas, itulah yang selama ini dinyatakan sebagai cikal-bakal wong Using atau sisa-sisa wong blambangan.
BAHASA
SUKU OSING mempunyai Bahasa OSING yang merupakan turunan langsung dari Bahasa Jawa Kuno seperti halnya Bahasa Bali. Bahasa OSING berbeda dengan Bahasa Jawa sehingga bahasa OSING bukan merupakan dialek dari bahasa Jawa seperti anggapan beberapa kalangan.
KEPERCAYAAN
Pada awal terbentuknya masyarakat OSING kepercayaan utama SUKU OSING adalah Hindu-Budha seperti halnya Majapahit. Namun berkembangnya kerajaan Islam di Pantura menyebabkan agama Islam dengan cepat menyebar di kalangan SUKU OSING. Berkembangnya Islam dan masuknya pengaruh luar lain di dalam masyarakat OSING juga dipengaruhi oleh usaha VOC dalam menguasai daerah Blambangan. Masyarakat OSING mempunyai tradisi puputan, seperti halnya masyarakat Bali. Puputan adalah perang terakhir hingga darah penghabisan sebagai usaha terakhir mempertahankan diri terhadap serangan musuh yang lebih besar dan kuat. Tradisi ini pernah menyulut peperangan besar yang disebut Puputan Bayu pada tahun 1771 M.
DEMOGRAFI
SUKU OSING menempati beberapa kecamatan di kabupaten Banyuwangi bagian tengah dan bagian utara, terutama di kecamatan Banyuwangi, kecamatan Rogojampi, kecamatan Singonjuruh, kecamatan Sempu, kecamatan Glagah, kecamatan Singojuruh, kecamatan Giri, kecamatan Kalipuro, dan kecamatan Songgon. Komunitas OSING atau lebih dikenal sebagai wong OSING oleh beberapa kalangan dan hasil penelitian 1 dianggap sebagai penduduk asli-asli di Banyuwangi, sebuah wilayah di ujung paling timur pulau Jawa yang juga dikenal sebagai Blambangan. Komunitas ini menyebar di desa-desa pertanian subur di bagian tengah dan timur Banyuwangi yang secara administratif merupakan kecamatan Giri, Kabat, Glagah, Rogojampi, Sempu, Singojuruh, Songgon, Cluring, Banyuwangi kota, Genteng dan Srono. Di tiga kecamatan terakhir, mereka telah bercampur dengan penduduk non-OSING, migran berasal dari bagian barat Jawa Timur dan Jawa Tengah, termasuk Yogyakarta (wong OSING menyebutnya wong Jawa-Kulon).
PROFESI
Profesi utama SUKU OSING adalah petani, dengan sebagian kecil lainnya adalah pedagan dan pegawai di bidang formal seperti karyawan, guru dan pegawai pemda.
STRATIFIKASI SOSIAL
SUKU OSING berbeda dengan Suku Bali dalam hal stratifikasi sosial. SUKU OSING tidak mengenal kasta seperti halnya Suku Bali, hal ini banyak dipengaruhi olwh agama Islam yang dianut oleh sebagian besar penduduknya.
SENI
Kesenian SUKU OSING sangat unik dan banyak mengandung unsur mistik seperti kerabatnya Suku Bali dan Suku Tengger. Kesenian utamanya antara lain Gandrung, Patrol, Seblang, Angklung, Tari Barong, Kuntulan, Kendang Kempul, Janger, Jaranan, Jaran Kincak, Angklung Caruk dan Jedor.
DESA ADAT KEMIREN
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyadari potensi budaya SUKU OSING yang cukup besar dengan menetapkan desa Kemiren di kecamatan Glagah sebagai desa adat yang harus tetap mempertahankan nilai-nilai budaya SUKU OSING. Desa kemiren merupakan tujuan wisata yang cukup diminati di kalangan masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya. Festival budaya dan acara kesenian tahunan lainnya sering diadakan di desa ini.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Osing
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Osing
0 komentar:
Posting Komentar